ngobrol

my friend




Prediksi UN SMP 2012

Bagaimana? Mudah bukan downloadnya?! Oh, iya, baca juga Prediksi UN SMA 2012 untuk melihat soal-soal ujian nasional tingkat SMA. Semoga bermanfaat.


ASSALAMU 'ALAIKUM-SELAMAT DATANG
Pilih Warna Kesukaan Anda

BELAJAR TANPA BATAS

Gaya Listrik

senang rasanya bisa berbagi.... yuk kita belajar dan saling berbagi untuk ilmu dan pengetahuan yang kita miliki. semakin kita sering berbagi tentang ilmu semakin bertambah ilmu kita. dan kali ini aku ingin berbagi ilmu tentang gaya-listrik
oks!!! ga pake lama...simak tulisan berikut,semoga bermanfaat..
Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan.  Saat terjadi petir, nampak di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan mata yang dikenal dengan sebutan petir. Beberapa saat kemudian terdengar suara menggelegar, yang sering disebut guruh. Perbedaan waktu saat kemunculan petir dan guruh dikarenakan adanya perbedaan antara kecepatan cahaya dan kecepatan bunyi.

Lightning
Lightning
Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (dapat bermuatan negatif atau positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap bermuatan netral). Petir dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud) atau dari awan ke bumi.
Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena adanya pergerakkan dan juga interaksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya guna mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan inilah, elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara sehingga terjadi ledakan suara (guruh). Petir lebih sering terjadi pada musim hujan dikarenakan pada keadaan ini mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Petir)
Muatan Listrik
Ada dua jenis muatan listrik yang diberi nama positif dan negatif. Muatan listrik selalu merupakan kelipatan bulat dari satuan muatan dasar e (e = 1,602 x10-19 C). Artinya benda apapun yang bermuatan listrik, muatannya adalah kelipatan bilangan bulat dari harga e (1e, 2e, 3e, dst). Muatan dari elektron adalah -e dan proton +e. Benda menjadi bermuatan karena adanya perpindahan muatan dari satu benda ke benda lainnya, biasanya dalam bentuk elektron. Muatan listrik bersifat kekal. Muatan listrik tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan pada proses pemberian muatan, tetapi hanya dapat berpindah tempat.
Tahun 1768, melalui sebuah percobaan, Coulomb mendapatkan bahwa muatan-muatan sejenis akan menimbulkan efek tarik-menarik (atraktif) dan benda yang berlainan jenis akan saling menolak (repulsif). Gaya listrik ini bekerja sepanjang garis yang menghubungkan antara muatan-muatan. Besamya gaya listrik berbanding lurus dengan hasil kali muatan-muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Nama lain dari Gaya listrik adalah Gaya Coulomb, dengan persamaan: Gaya Listrikdengan: F = gaya listrik (Newton) k = tetapan Coulomb (N.m2/C2) k = 9 x 109 N.m2/C2 q = muatan listrik (Coulomb) d = jarak kedua muatan (meter) Share
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

facebook


video

SMS YUK????

Labels

Follow

Translate This Web