ngobrol

my friend


Prediksi UN SMP 2012

Bagaimana? Mudah bukan downloadnya?! Oh, iya, baca juga Prediksi UN SMA 2012 untuk melihat soal-soal ujian nasional tingkat SMA. Semoga bermanfaat.


ASSALAMU 'ALAIKUM-SELAMAT DATANG
Pilih Warna Kesukaan Anda

BELAJAR TANPA BATAS

macam-macam teropong

Bagaimanakah caranya agar kita dapat melihat atau mengamati benda-benda yang sangat jauh letaknya? Apakah kamu tahu alat yang digunakan? Untuk mengetahui benda-benda yang letaknya sangat jauh agar kelihatan lebih dekat, kita dapat menggunakan alat yang dinamakan teropong.
Ada dua jenis utama teropong, yaitu :
a. Teropong bias, yaitu teropong yang terdiri atas beberapa lensa;
b. Teropong pantul, yaitu teropong yang terdiri atas beberapa cermin dan lensa.

a. Teropong Bias
Teropong bias terdiri beberapa lensa yang berfungsi untuk membiaskan cahaya. Ada empat macam teropong bias, yaitu:
1) Teropong bintang,
2) Teropong bumi,
3) Teropong prisma,
4) Teropong panggung.
1) Teropong Bintang
Apakah kegunaan teropong bintang? Perhatikan uraian berikut.
a) Penggunaan Teropong Bintang dengan Mata Berakomodasi Maksimum
Mata akan berakomodasi jika bayangan yang dibentuk oleh lensa okuler teropong jatuh di titik dekat mata
b) Penggunaan Teropong Bintang dengan Mata Tak Berakomodasi
Pengamatan bintang-bintang di langit berlangsung berjam-jam. Agar mata tidak lelah, maka pengamatan dilakukan dengan mata tidak berakomodasi.
2) Teropong Bumi
a) Teropong bumi dinamakan pula teropong medan atau teropong Yojana. Teropong terdiri atas lensa objektif dan lensa okuler dengan jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler.
Disamping dua lensa tersebut, ada sebuah lensa positif yaitu lensa pembalik. Benda yang diamati dengan teropong bumi terletak sangat jauh, sehingga bayangannya terletak di titik fokus atau bidang fokus lensa obyektif. Agar bayangan akhir tegak, maka digunakan lensa pembalik untuk membalik bayangan dari lensa objektif.
b) Perbesaran Sudut
c) Panjang Teropong Bumi
Panjang teropong bumi merupakan jarak antara lensa objektif dan lensa okuler
3) Teropong Panggung
Teropong panggun dinamakan juga teropong tonil, teropong sandiwara, teropong Belanda, atau teropong Galilei. Teropong ini terdiri dari dua buah lensa, lensa obyektif berupa lensa cembung, sedangkan lensa okuler berupa lensa cekung. Benda terletak di jauh tak berhingga dan bayangan jatuh pada fokus lensa objektif.
4) Teropong Prisma/Binokuler
Teropong prisma hampir sama dengan teropong bumi, tetapi lensa pembaliknya diganti dengan sepasang prisma siku-siku sama kaki yang disiapkan di antara lensa objektif dan lensa okuler.
Setiap setengah bagian teropong terdiri dari satu lensa objektif, satu lensa okuler, dan sepasang prisma siku-siku sama kaki yang diletakkan satu sama lain pada sudut siku-sikunya. Sepasang prisma itu digunakan untuk membalik dengan pemantulan sempurna. Prisma membalik bayangan lensa objektif, sehingga bayangan akhir yang dibentuk lensa okuler terlihat oleh mata terhadap arah benda semula.
b. Teropong Pantul
Dinamakan teropong pantul karena jalannya sinar dalam teropong dengan cara pemantulan. Teropong pantul terdiri atas satu cermin cekung besar, satu cermin datar yang diletakkan sedikit di depan titik fokus cermin cekung dan satu lensa cembung untuk mengamati benda.
Cermin cekung besar akan mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin. Sebelum cahaya dikumpulkan di titik fokus cermin cekung, cahaya dipantulkan terlebih dahulu oleh cermin datar menuju ke lensa okuler (lensa cembung).
Mengapa cermin cekung digunakan sebagai objektif pengganti lensa? Cermin cekung mempunyai beberapa kelebihan sehingga digunakan sebagai pengganti lensa, yaitu :
a) Cermin tidak mengalami aberasi kromatik (penguraian warna) seperti pada lensa,
b) Cermin lebih mudah dibuat dan murah daripada lensa.
c) Cermin lebih ringan daripada lensa, sehingga lebih mudah digantung.
Share
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

facebook


video

SMS YUK????

Labels

Follow

Translate This Web